Tidak Berjalan Seperti Lainnya, Semut ini Mendapat Julukan Gila

Gambar Longhorn crazy ant. Sumber: Wikipedia

Semut longhorn gila (Longhorn crazy ant) mempunyai nama ilmiah Paratrechina longicornis adalah spesies serangga kecil berwarna gelap dari keluarga Formicidae. Semut ini disebut “semut gila” karena bukannya mengikuti garis lurus atau mengikuti alur seperti semut pada umumnya, namun mereka berjalan sekitar alur. Mereka tersebar secara luas, mulai dari daerah tropis hingga subtropis serta dapat ditemukan pada bangunan di daerah beriklim sedang. Karena itu semut ini merupakan salah satu spesies semut yang paling luas persebarannya di dunia. Mereka tidak menyengat orang.

Semut pekerja mempunyai panjang sekitar 2,3-3 mm (0,09-0,12 in) dengan kepala berwarna hitam kecoklatan, thorax, petiora dan gaster (lambung), sering dengan permainan warna biru cerah. Tubuh memiliki beberapa bulu putih pendek, antena dan anggota badan berwarna coklat pucat. Sangat mudah untuk membedakan semut ini dari anggota lain dari genus-nya, Paratrechina, karena mempunyai antena dan kaki yang lebih panjang. Meskipun tidak menyengat semut ini dapat menggigit dan kemudian akan melengkungkan perutnya dan mengeluarkan asam format ke luka.

Tidak jelas semut ini berasal, namun diduga berasal dari Melanesia atau Asia Tenggara. Setelah menyebar ke daerah beriklim sedang di seluruh dunia, kini hadir di Amerika Utara dan Selatan, Afrika, Eropa, Asia dan Australia. Meskipun merupakan spesies semut tropis, karena kemampuannya bertahan hidup di daerah terganggu dan daerha buatan termasuk pada bangunan-bangunan dan daerah perkotaan, semut ini mempu menyebar ke utara hingga Estonia dan Swedia dan ke selatan hingga Selandia Baru. Di bagian tenggara negara bagian Amerika tersebar semut ini hidup di luar rumah. Sedangkan di California, Arizona dan daerah pesisir timur dapat ditemukan di bangunan dan gedung-geung. Di daerah tropis dan subtropis, selain di temukan di dalam ruangan juga dapat ditemukan di kebun, semak pesisir, hutan hujan dataran rendah, hutan kering, savana dan semak-semak pinggir jalan pada ketinggian hingga 1.765 m dpl. Bagi pertanian maupun peternakan, semut ini dianggap hama pada daerah berikim tropis hingga subtropis, serta hama ruangan pada daerah berikilim sedang.

Klasifikasi ilmiah:

Kingdom : Animalia
Phylum : Arthropoda
Class : Insecta
Order : Hymenoptera
Family : Formicidae
Genus : Paratrechina
Species : P. longicornis

Koloni semut ini membuat sarang di berbagai tempat baik kering maupun basah. Di antaranya pada lubang-lubang pohon, kayu busuk, di bawah kayu atau batu, di antara sampah-sampah dan di bawah puing-puing reruntuhan gedung. Semut pekerja bertugas mencari makanan dan lokasi sarang dapat diidentifikasi dengan memperhatikan semut tersebut membawa makanan kembali ke koloni. Semut ini tergolong hewan omnivora. Dia memakan biji, bangkai invertebrata, melon, buah dan sampah rumah tangga.

Sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Longhorn_crazy_ant

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *