Peta Dunia

Definisi dan Pengertian Peta

Pengertian Peta

Peta Dunia
Public Domain, https://commons.wikimedia.org/w/index.php?curid=1812074

Dalam kehidupan sehari-hari, kita sering mendengar dan menggunakan kata peta, misalnya peta politik, peta pikiran, peta sumber daya alam dan lain sebagainya. Masing-masing kata peta tersebut, jika digandengkan dengan kata berbeda akan mengandung makna yang beda pula. Demikian juga dengan kata peta itu sendiri. Oleh karena beragam makna peta tersebut yang tergantung dengan penggunaan, dalam artikel ini kita akan membahas pengertian peta berdasarkan ilmu geografi.

Dalam ilmu Geografi, yang dimaksud dengan peta adalah sebuah gambar dua dimensi pada bidang datar yang menggambarkan keadaan permukaan bumi dengan skala dan sistem proyeksi tertentu. Dengan kata lain peta adalah lembaran seluruh atau sebagian permukaan bumi pada bidang datar yang diperkecil dengan menggunakan skala tertentu. Sebuah peta adalah representasi dua dimensi dari suatu ruang tiga dimensi.

Seiring dengan perkembangan teknologi, bentuk peta tidak hanya didominasi dengan gambar yang tercetak dalam lembaran kertas atau kain, namun sudah diwujudkan dalam berbagai bentuk, Google Map, peta digital milik perusahaan Google merupakan salah satu contohnya.

Sedangkan menurut ICA (International Cartographic Association) peta adalah gambaran unsur-unsur permukaan bumi atau yang ada kaitannya dengan permukaan bumi maupun benda-benda angkasa, digambarkan pada bidang datar dan diperkecil (diskalakan).

Bagian permukaan bumi yang sempit ataupun luas merupakan data geografis dapat digambarkan dalam bentuk peta dengan skala tertentu. Data geografis atau unsur-unsur permukaan bumi yang digambarkan pada peta, antara lain benua, pulau, kepulauan, gunung, dataran tinggi, dataran rendah, kota, sungai, danau, laut, samudera, jalan raya, dan jalan kereta api.

Ilmu Pengetahuan yang mempelajari peta disebut Kartografi, yaitu suatu seni, ilmu pengetahuan dan teknologi pembuatan peta. Orang yang ahli dalam bidang perpetaan disebut Kartograf.

Fungsi Peta

Secara umum, fungsi peta adalah sebagai berikut.

  1. Menunjukkan posisi atau lokasi relatif (letak suatu tempat dalam hubungannya dengan tempat lain di permukaan Bumi).
  2. Memperlihatkan ukuran (dari peta dapat diukur luas daerah dan jarak-jarak di atas permukaan Bumi).
  3. Memperlihatkan bentuk (misalnya bentuk benua, negara, gunung, dan bentuk-bentuk yang lain) sehingga dimensinya dapat terlihat dalam peta.
  4. Mengumpulkan dan menyeleksi data-data dari suatu daerah dan menyajikannya di atas peta.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *