Hanya 1 dari 7 Orang yang Bisa Menyelesaikan Soal Menjebak Ini

pertanyaan-matematika-menjebakHendri Zainuddin, salah seorang mantan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah  Banyuasin (2004 – 2014) membagikan kuis matematika dalam bentuk gambar di dinding status Facebooknya. Gambar status tersebut terlihat sebagaimana dalam screenshot di samping. Di bagian bawah gambar tersebut tertulis “Hanya 1 dari 7 orang yang bisa menyelesaikan soal menjebak ini”.

Membaca tulisan pada gambar status tersebut, saya dalam hati bertanya, masak iya sih hanya 1 dari 7 orang yang dapat menjawab. Setelah saya selidiki dari sekian orang yang komentar untuk menjawab status tersebut, nyatanya memang sedikit yang dapat menjawab dengan benar atas persoalan yang menjebak tersebut. Iya, soal tersebut memang benar-benar menjebak.

Pada kesempatan kali ini, edufunia akan membahas dan mencoba penyelesaian soal tersebut. Terlebih dahulu kita sederhanakan variabel-variabel yang terlibat pada pertanyaan tersebut. Angkot wakna kuning (a), ikon Hendri Zainuddin (h), pempek Palembang (p), maaf jika huruf penggantinya tidak umum seperti dalam pelajaran matematika di sekolah.

Langkah pertama, tulis persamaan dalam bentuk yang sederhana

Untuk memudahkan kita menghitung, kita tulis persamaan tersebut dalam bentuk yang sederhana. Berdasarkan variabel yang disederhanakan tersebut, pada persamaan pertama, ada 3 angkot (a) yang ditulis dengan a + a + a, maka persamaan tersebut dapat ditulis seperti ini:

a + a + a = 24 .......(persamaan 1)
3a = 24

Persamaan 2

a + h + h = 20 ........(persamaan 2)
a + 2h = 20

Persamaan 3

h - 2p = 2 ...........(persamaan 3)

Persamaan 4

2h + a x p = ?? .......(persamaan 4)

yang ditanyakan adalah nilai “??” dalam persamaan 4.

Langkah kedua, hitung nilai masing-masing variabel

Dari persamaan pertama dapat diketahui bahwa nilai a adalah

3a = 24
 a = 24 / 3
 a = 8

Hasil a dari persamaan pertama dimasukkan pada persamaan kedua sehingga didapatkan nilai h

a + 2h = 20
8 + 2h = 20
    2h = 20 - 8
    2h = 12
     h = 12 / 2
     h = 6

Hasil h dari persamaan kedua dimasukkan dalam persamaan ketiga untuk mendapatkan nilai dari satu pempek (p)

h - 2p = 2
h - 2p = 2
6 - 2p = 2
   -2p = 2 - 6
   -2p = -4
     p = -4 / -2
     p = 2

Nah setelah kita mendapatkan nilai variabel ke 3, yaitu p, sekarang kita hitung nilai ?? dalam persamaan keempat.

   2h + a x p = ??
2 x 6 + 8 x 2 = ?? << jebakan
      12 + 16 = 28

Jadi tanda tanya pada persamaan ke empat bernilai 28.

Kesimpulan

Sebagaimana dalam pembahasan di atas, jebakan sesungguhnya ada pada persamaan ke empat. Kebanyakan orang yang menghitung persamaan di atas akan memulai tahapan dengan 2 x 6 = 12, dilanjutkan 12  + 8 = 20 dan terakhir 20 x 2 =40, sehingga didapatkan hasil akhir 40.

Jika Anda menjawab dengan nilai 40, kemungkinan Anda benar-benar kena jebakan tersebut. Jawaban sesungguhnya adalah sebagaimana pada pembahasan. Di mana dalam matematika apabila ada percampuran operator yang sama dalam satu persamaan maka perkalian dan pembagian haruslah dikerjakan terlebih dahulu dibanding penjumlahan dan pengurangan, kecuali penjumlahan diapit dalam kurung.

Persoalan kedua persepsi penjawab berbeda mulai dari persamaan ketiga dengan menganggap bahwa 2 piring Pempek yang dipersepsikan dengan pangkat (p2).

Demikian ulasan dari edufunia terkait soal tersebut. Saran dan kritik dipersilahkan.

Leave a Reply

Required fields are marked*